Jumat, 04 Maret 2011

The Chimp ( Chimpanzee )

Simpanse ohh simpansee ( ? ) Hewan yang satu ini lucu loh. Terus simpanse ini adalah hewan " terpintar " di dunia. Katanya, kepintarannya melebihi kepintaran manusia ( waahhh ). Berikut profil tentang si simpanse ( haha ) :

Simpanse (sering disingkat dalam Bahasa Inggris, chimp) adalah nama umum dari 2 spesies kera dalam genus Pan. Simpanse adalah hewan yang sering ditemui di hutan tropis. Biasanya kulitnya berwarna hitam kecoklatan, dan berbulu hitam. Simpanse yang paling dikenal adalah dari golongan Pan troglodytes, yang habitat terbanyaknya adalah di daerah Afrika Barat, dan Afrika Tengah. Dari pihak sepupu terdekat dengan simpanse, dikenal pula Bonobo atau "Pygmy Chimpanzee" yang berasal dari golongan Pan paniscus, dan banyak ditemukan di Kongo, Sungai Kongo menandai batas dari kedua golongan simpanse tersebut.
 
Simpanse adala anggota keluarga Hominidae, bersama dengan gorila, manusia, dan orang utan. Dua spesies simpanse yang tersebut diatas adalah spesies terdekat dengan spesies manusia; semuanya adalah termasuk suku Hominini (termasuk sub-suku Hominia yang sudah punah). Simpanse adalah satu-satunya anggota sub-suku Panina yang diketahui sampai saat ini.

Ini dia foto profil si simpanse :
( Look smart, yaa? )

Pernah dengar Golden dan Glitter? Mereka ini simpanse tertua di dunia lho. Ini ada sedikit info tentang mereka :

Ingin bersahabat dengan simpanse di jejaring sosial? Anda cukup mencari nama Golden and Glitter di Facebook. Kedua simpanse ini merupakan simpanse kembar tertua di dunia. Selain itu keduanya merupakan salah satu dari sekian pengguna jasa jejaring sosial yang tersukses untuk kategori hewan primata.

Melansir pemberitaan Discovery Channel, Kamis (27/1) disebutkan, Golden dan Glitter yang lahir pada 13 Juli 1998 ini sekarang sudah mempunyai fans sebanyak 1.670 orang di akun Facebook mereka. Keduanya kini berada di Gombe National Park di Tanzania yang merupakan rumahnya Institut Jane Goodall.

Induk pasangan kembar simpanse ini, Gremlin, adalah sosok induk yang berusaha keras membesarkan kedua bayi kembarnya. Menurut para staff di sana, simpanse kembar sangat sulit bertahan hidup disebabkan induknya yang mengalami kesulitan untuk merawat dua bayi dalam waktu bersamaan.

Di usia lima tahun, Golden dan Glitter yang berjenis kelamin betina mulai belajar mandiri, namun sesekali mereka ingin selalu berada bersama induknya dan saudara-saudaranya yang lain.

Selama beberapa tahun, dua bersaudari ini telah cukup memberikan data yang penting bagi para peneliti hewan primata. Meski Glitter sedikit lebih pemalu ketimbang Golden, namun keduanya cukup membantu para peneliti. Di halaman Faceboook mereka tertulis, "Kedua simpanse kembar ini sekarang belajar menggunakan alat dan sedikit lebih cerdas ketimbang pejantannya."

Bill Wallauer, juru rekam video Gombe menjelaskan, meski telah dewasa dan berusia 11 tahun, keduanya tetap sering bersama. Bahkan Golden dan Glitter membesarkan anak-anak mereka bersama hingga akhir hayatnya.

 ( They are golden and glitter )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar