Kamis, 24 Maret 2011

Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengenal Internet Part 2

Ada banyak sekali aplikasi - aplikasi penting yang terdapat di internet. Pada postingan sebelumnya, saya sudah menjelaskan 2 dari 9 aplikasi yang saya ketahui. Inilah lanjutannya :

BERBAGAI MACAM APLIKASI DI INTERNET + KEUNTUNGANNYA

  1. MAILING LIST ( Milis )
    Mailing list atau sering disebut juga dengan milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e - mail. Setiap e - mail yang yang dikirim ke alamat milis akan dikirim ke seluruh alamat e - mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Ini adalah gambar jendela aplikasi dari milis :


  2. Newsgroup


    Yang dimaksud dengan " Newsgroup " adalah forum perbincangan atau boleh dibayangkan sebagai suatu tempat dimana terdapat ruangan - ruangan perbincangan yang unik dan tiap - tiap ruangan mempunyai topik perbincangan yang berbeda. Aplikasi newsgroup ini bagaikan " Bulletin Board " yang ada di sekolah atau kantor. 

  3. INTERNET RELAY CHAT ( IRC )


    Internet Relay Chat atau disingkat IRC adalah aplikasi yang digunakan untuk bercakap - cakap di internet. Bercakap - cakap di internet dikenal dengan istilah " Chatting " yang pastinya kalian semua sudah pernah mempraktekkannya.

  4. FILE TRANSFER PROTOCOL ( FTP )


    File Transfer Protocol adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil ( mendownload ) arsip file disuatu server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip atau file. FTP juga dipergunakan untuk mengupload file materi situs ( homepage ) sehingga dapat diakses pengguna dari pelosok dunia.

  5. Telnet


  6. Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat anda pergunakan apabila anda mempunyai nomor IP ( IP Address ) dari komputer yang akan diakses dan juga yang terpenting harus mempunyai hak akses ( Username dan password ).
  7. Gopher


    Aplikasi internet yang satu ini mirip dengan nama guruku di SMPN 1 : Pak Ghofar. ( Abaikan* ). Ghopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mencari informasi di gopher, anda harus menghubungkan diri terlebih dahulu dengan gopher server yang berada di internet.

  8. Ping


    Ping ini bukanlah pink merah muda, tetapi merupakan singkatan dari paket internet gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang anda gunakan mempunyai sambungan atau koneksi dengan komputer lain di internet.

  9. Melalui aplikasi yang ada diinternet, anda dapat meperoleh keuntungan antara lain adalah sebagai berikut :

    - Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal tersebut dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi e - mail, WWW, FTP, dan Gopher -

    - Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Misalnya koran nasional dapat dicetak di daerah, koran masuk internet, majalah, brosur, dan sebagainya dapat ditampilkan melalui internet -

    - Sebagai media promosi. Internet ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana beriklan dan menyampaikan profil perusahaan dan produk - produknya -

    - Sarana komunikasi interaktif. Komunikasi via internet dapat dilakukan melalui e - mail, WWW, Video Conferencing, Internet Relay Chat, dan Internet Phone -

    - Sebagai alat research dan development -

    - Sarana untuk bertukar data -


    Sumber : Modul 7 TIK Kelas 8 RSBI Hal 11 - 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar