Jumat, 04 Maret 2011

Tugas TIK : Mengenali Internet

Nama / Kelompok : Theresia Monica (23 ) dan Widya Ayu ( 26 )
Tanggal : 4 Maret 2011
Kelas : 8 RSBI 2

A. Prosedur

1. Internet merupakan komunikasi antar komputer, maka setiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet itu harus saling mengenal. Untuk mengenali antar komputer, digunakan ciri pengenal alamat yang biasa disebut dengan Internet Protocol (IP)  address.  Bukalah komputer Anda  kemudian carilah nomor IP address salah satu komuter yang terkoneksi. Tuliskan nomor IP komputer tersebut !
 Nomor IP Komputer saya : 192 168 1 43

2. Untuk mengakses situs web tertentu, Anda  tinggal mengetik alamat di komputer Anda. Ada program tertentu yang fungsinya untuk menjalankan internet, salah satunya adalah internet explorer. Internet dapat merepresentasikan semua sifat manusia, maka hampir semua kegiatan manusia juga dapat dilakukan di internet. Sebutkan beberapa hal umum yang dapat dilakukan di internet!
Hal - hal umum yang dapat dilakukan di internet :
  • Main Facebook
  • Main Twitter
  • Chatting
  • E - mail
  • Blogging
  • Main game online
  • Main YM ( Yahoo Messenger )
  • Mencari informasi ( informasi apapun baik tugas maupun sekedar iseng )
  • Mengikuti forum diskusi
  • Melakukan Internet Phone
  • Memasang iklan di website ataupun blog
  • Melakukan jual beli online ( transaksi perdagangan lewat internet )
3. Aplikasi internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi infomasi. Aplikasi-aplikasi internet kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer, medis, media massa, dan berbagai sektor industri lainnya.  Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, sebutkan beberapa aplikasi yang paling banyak dikenal dan digunakan. Berdasar aplikasi yang ada di internet, sebutkan beberapa keuntungan internet yang dapat Anda  rasakan!
Keuntungan internet yang saya rasakan :
·        Pengetahuan bertambah
·        Lebih mengenal tekhnologi
·        Lebih up-date tentang masalah global
·        Mendapatkan teman baru
·        Memudahkan mengerjakan tugas sekolah ( belajar   jarak jauh )

4. Internet dapat menjadi sumber informasi dan sarana komunikasi yang murah dan cepat. Selain itu, internet juga mempunyai jaringan yang sangat luas yang dapat menjangkau seluruh dunia. Hal ini membuat Internet sudah banyak dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Saat ini ada banyak kegiatan kehidupan Anda  sehari-hari yang terkait dengan internet.  Sebutkan berbagai pemanfaatan internet untuk menunjang bisnis!

    Dengan adanya jual beli online, ada beberapa keuntungan yang bisa kita manfaatkan antara lain bagi konsumen : tidak perlu capai - capai pergi ke toko ( cukup dengan hanya duduk dan menyalakan internet kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan ), barang - barang yang dijual di internet lebih murah karena langsung dari agen ( meskipun ada tambahan biaya, yaitu biaya ongkos kirim ), dan barang yang kita pesan bisa lebih bervariasi. Sedangkan keuntungan bagi pengusahanya adalah : produknya  bisa dikenal oleh banyak orang ( bukan cuma orang didaerah sekitar perusahaan saja yang membeli produknya ) , tidak perlu membuka banyak cabang distribusi, tidak perlu menyewa banyak pegawai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar