Kamis, 03 Februari 2011

Piggy Bank's History

Juragan2 dan bude-bude sekalian tau kan gambar2 diatas? ya, itu adalah sebuah celengan yg dalam bahasa Inggris disebut piggy bank.
Ingin tau sejarahnya? nih dia...

Teori yang lebih populer adalah bahwa, pada kenyataannya, celengan asli sama sekali tidak ada hubungannya dengan babi! Sejarahnya lebih ke sejarah bahasa, daripada individu penemu. Dalam bahasa Inggris tua (sekitar abad ke-15) ada sebuah kata "pygg" yg dimaksudkan untuk
tanah liat berwarna oranye. Orang-orang membuat semua jenis benda berguna dari tanah liat tersebut, termasuk piring dan stoples untuk menyimpan cadangan (makanan, dll). Sekitar abad ke-18, kata "pygg" sampai sekarang terdengar sama dengan kata untuk hewan "babi". Orang tak dikenal (seorang pengrajin tembikar) berpikir untuk membentuk sebuah tempat penyimpanan "pygg", untuk tampak seperti nyata "babi" (berbentuk babi). Setelah itu banyak pesanan yg datang kepada pengrajin tersebut yg memesan tempat2 penyimpanan berbentuk babi.

Hingga pada akhirnya (sampai sekarang) "babi" tersebut berubah fungsi menjadi tempat penyimpanan koin.

Dari bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan "celengan". sebenarnya berasal dari kata Celeng sebuah kata yg bermakna babi. Kata itu disebutkan karena bentuknya yg berupa babi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar