Kamis, 03 Februari 2011

Snack yang menyehatkan ??

Snack atau cemilan sering dianggap nggak menyehatkan, padahal masih ada snack2 yg menyehatkan, ini dia :

fruitsBuah
Manisnya alami dan baik untuk anak anda, buah-buahan adalah pilihan cemilan yang populer diantara anak-anak dan orangtua. Menurut KidsHealth.org, anak-anak memerlukan sekitar 1.5 cangkir buah-buahan setiap hari. Jika anda ingin membuat buah menjadi lebih mengundang selera makan dan menambah kalsium, tambahkan yogurt tawar dan rendah lemak. Alternatif populer lain adalah buah kering. Jika label pada buah kering tidak terdapat daftar bahan-bahan tambahan apapun seperti gula, kebanyakan nilai nutrisinya sama (tetapi dengan kepadatan kalori yang lebih tinggi).

Sereal
Sereal adalah sumber serat yang membantu pencernaan yang sangat baik dan mengenyangkan serta menyehatkan. Hati-hatilah untuk tidak menyajikan sereal yang tinggi dalam gula.

Selai kacang
Selai kacang dipenuhi dengan serat dan protein, tetapi tinggi dalam lemak. Pilihlah selai kacang alami untuk menghindari lemak trans dan gula tambahan. Jika alergi kacang tanah bukanlah kekhawatiran anda, anak-anak juga menyukai selai kacang yang dioleskan pada kraker.

Sayuran yang dipotong kecil-kecil
Masalah dengan kebanyakan sayuran adalah di toko tempat sayuran dibeli atau yang dalam bentuk tinggal diambil, sayuran sulit untuk dimakan dan biasanya tidak dapat dicapai oleh anak-anak kelaparan yang sudah tidak sabar. Buatlah sayuran sebagai pilihan pertama dengan memastikan sayuran adalah hal pertama yang dilihat anak-anak saat mereka membuka kulkas dan buatlah sayuran yang siap untuk dimakan dengan memotong sayuran dalam bentuk potongan-potongan yang mudah dan berukuran kecil.

Pizza
Para ibu dan anak-anak bergembira. Pizza bisa jadi cemilan yang menyehatkan. Penuhi roti pizza yang dibuat dari gandum utuh dengan saus pizza, keju rendah lemak dan sayuran kesukaan anda untuk mendapatkan nutrisinya.

Cemilan campuran
Daripada membeli cemilan campuran di toko, cobalah membuatnya sendiri di rumah. Tidak hanya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak untuk ikut berpartisipasi, tetapi juga membantu anda mengontrol kandungan garam dan gulanya. Bahan-bahan yang sehat dan enak antara lain buah-buah kering, macam-macam kacang-kacangan, serpihan kelapa tanpa gula, kacang tanah, kuaci atau biji bunga matahari. Jika anda tidak mengkhawatirkan tambahan gula, anak-anak akan menyukai tambahan coklat M&M atau biskuit coklat.

Popcorn
Popcorn dipenuhi dengan biji-bijian utuh dan serat. Penelitian-penelitian oleh majalah Health menunjukkan bahwa biji-bijian ini dapat mengurangi kesempatan anda untuk mengembangkan penyakit diabetes dan jantung. Jika tidak ditaburi dengan mentega dan garam, popcorn sebenarnya adalah cemilan yang sangat sehat bagi anak-anak. Kebanyakan anak-anak biasanya tidak tertarik dengan popcorn tawar, jadi untuk membuat popcorn sehat ini lebih mengundang selera, taburkan kayu manis atau bubuk bawang putih di atasnya. Jika gagal juga, tambahkan saja popcorn tawar anda pada cemilan campuran anda.

Keju
Pastikan anak anda memperoleh tambahan kalsium dan vitamin D saat mereka sangat memerlukannya dengan menawarkan beberapa lembar keju atau keju kotak. Masukkan sebungkus atau lebih lembaran keju ke dalam kotak makan siang atau tas, atau bawalah beberapa cemilan rumah keju cheddar saat piknik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar