Kamis, 24 Februari 2011

Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengenal Internet Part 1

KEGIATAN - KEGIATAN YANG DAPAT DILAKUKAN DI INTERNET

  • Transaksi perdagangan tidak hanya dapat dilakukan di dunia maya tetapi juga dunia nyata atau internet. Mereka yang biasanya melakukan transaksi perdagangan internet ini memiliki toko khusus yang disebut " Toko Online ". Mereka hanya menyediakan situs web dan melalui situs web ini anda dapat memesan barang - barang tertentu kepada mereka. Misalnya, anda ingin membeli buku secara online. Anda hanya tinggal mengisi formulir online yang disediakan, menulis spesifikasi buku yang hendak anda beli, lalu tekan tombol buy ( beli ). Pembayarannya biasanya dilakukan melalui kartu kredit.

  • Internet Phone adalah fasilitas telepon melalui internet. Dengan ini, anda dapat menelpon kemana saja dan wajah orang yang anda telpon dapat tampil di monitor laptop / komputer anda.

  • Berdiskusi dapat dilakukan diinternet. Di internet terdapat forum diskusi dengan berbagai tema. Anda dapat memasang topik tertentu, lalu sampaikan pendapat anda di internet. Lalu orang - orang yang online akan mengomentari bahan diskusi anda.

  • Memasang Iklan Baris. Di internet terdapat juga iklan baris seperti yang terdapat di koran. Namun, iklan baris di internet adalah iklan bebas. Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk memasangnya.

  • Berbagai aplikasi di internet. Sekarang sudah berkembang aplikasi - aplikasi yang mendunia di internet. Antara lain :

  • WWW ( World Wide Web ). World Wide Web  (WWW) adalah aplikasi yang paling menarik di internet  dan seperti e-mail, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Dokumen Web  tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan hypertext markup language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio dan vidio. Aplikasi ini kadang disebut The Killer Application atau the world is at your fingertip karena  Anda  boleh mendapatkan informasi  dengan mudah sekali bukan sekadar teks bahkan gambar (images), maupun multimedia. Dalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat dilakukan  antara lain memesan atau membeli suatu barang secara online, mendaftar secara online, mencapai multimedia. Informasi  yang diletakkan di WWW disebut homepage dan setiap homepage mempunyai alamatnya masing-masing. Untuk dapat menarik perhatian pengguna sehingga homepage dapat sering dikunjungi, maka Anda  harus dibangun semenarik mungkin dan kaya akan informasi  yang jelas. Dalam hal ini bidang seni sangat diperlukan, sehingga dunia periklanan dan dunia perniagaan semakin sinergi.

  • E - Mail adalah salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia maya. Tanpa e-mail kita tidak bisa membuat facebook ataupun twitter. Konsep e-mail adakah seperti anda mengirimkan surat dengan pos biasa. Dengan e-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tempat tujuan dengan cepat.

Sumber : Modul 7 TIK Kelas 8 RSBI Halaman 8 - 10

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar